Dapur Resep Uwie

hmm..setelah berkali2 gagal tiap bikin cake yg pake putih telor dikocok…akhirnya setelah berguru langsung ama chef asep lukman,  aku jadi tau triknya…tralaaa sekarang si cakenya jadi alias ga turun. ternyata triknya ada di pengocokan putih telor ama suhu si oven…selama ini aku terlalu hati2 ngocok putih telurnya, takut jadi hard peak trus suhu oven selalu 180 derajat padahal mustinya di 150..ini dia hasilnya…
o’ya….resepnya dari Kijang Mas Bandung, (Chef Asep Lukman) trus ada catatan dikit soal cara ngoven-nya.. si cotton ini ga pake au bain marie,kata si chef sich ntar jadinya basah mendingan pake kertas koran yg dibasahin trus ditaro di loyang kosong…begitu…cobain yach…

Bahan – bahan :

Bahan 1 :

180  gr         Mentega tawar (butter)

130  gr         Terigu protein rendah

50    gr         TULIP Bordeaux Cocoa Powder
Bahan 2 :
220  gr         Susu segar

150  gr         Telur utuh

300  gr         Kuning telur

 

Bahan 3 :

 

550  gr         Putih telur

350  gr         Gula pasir

8  gr         Cream of tar-tar

Bahan untuk Dark Chocolate Ganache :
250  gr         TULIP Masterbaker

250  gr         Vivo Topping Ace

 

Cara membuat :

 

1.       Bahan 1 : Cairkan mentega hingga suhu 80° C lalu masukkan terigu protein rendah   dan

TULIP Bordeaux Cocoa Powder, aduk dengan sendok kayu.

 

2.       Bahan 2 : Susu dipanaskan dengan suhu 60º C campur dengan telur utuh dan kuning telur,

aduk hingga tercampur rata kemudian tuangkan ke bahan adonan I dan aduk hingga

tercampur rata.

 

3.       Kocok bahan 3 menggunakan mixer hingga mengembang, lalu masukkan ke adonan awal,

bagi menjadi 2 kali pemasukkan.

 

4.       Tuangkan dalam 2 wadah loyang ukuran 25×35 cm yang telah dialasi dengan kertas roti,

ratakan, panggang dengan suhu api atas 170º C dan api bawah 120º C selama 25 – 30 menit.

Setelah matang keluarkan dari loyang dengan cara dibalik dan letakkan di atas kertas roti,

dinginkan.

 

5.       Dark Chocolate Ganache : Masak Vivo Topping Ace hinnga hangat (tidak perlu mendidih),

tuangkan dalam TULIP  Masterbaker yang telah dicincang halus. Aduk hingga cokelat

meleleh dan tercampur rata. Siap untuk digunakan.

 

6.       Poleskan Dark Chocolate ganache di atas Chocolate Cotton Cake. Tutup dengan layer ke 2

Chocolate Cotton Cake dan poles bagian atasnya dengan Dark Chocolate ganache, dinginkan

dan potong – potong sesuai selera.

Berikut resepnya:
1 pak pastry siap beli

1 Buah bombay, cincang
1 bawang putih ,cincang
1 btng bawang daun
250 gr ayam cincang
1 sdm hoisin sause
1 sdm kecap inggris
1 sdm soysauce
garam, lada, gula pasir

Cara Filling:
tumis bawang bombay dan bawang putih,bawang daun sampai harum  masukan ayam aduk hingga berubah warna. masukan semua bumbu2 .angkat.

Cara pastry:

Gilas pastry, bentuk bundar sebanyak 3 buah.Satu bagian simpan di loyang sebagai alas.Untuk yg satu dilubangi dengan cutter bundar dengan ukuran yang lebih kecil , sisihkan bagian dalam lalu tumpuk bagian luar diatas pastry yang tidak dilubangi. rekatkan dengan putih telur. isi dengan filling ayam taburi dengan smoke beef dan keju. lalu tutup dengan pastry yang telah dilubangi dengan bentuk bunga. oles kuning telur, panggang 20 menit. siap disajikan.

Tags:

CHIFFON CAKE TAPE KEJU…

Resep: Nining Soeryono, modif by me…

Ingredients:
Bahan A:
175 gram terigu, ayak
150-125 gram gula pasir
200 gram tape singkong yang manis, buang seratnya, hancurkan
80 gr santan kental (me: 100 gr)
100 gr minyak goreng
7 kuning telor
20 ml air perasan daun pandan dan daun suji ( ga pake)
Bahan B:
7 putih telor
1/2 sdt cream of tartar (bisa diganti cuka atau jeruk nipis)
1/4 sdt garam
75 gr gula pasir

150 gr keju parut

Directions:
– Campur terigu & gula pasir sisihkan
– Aduk rata tape singkong, santan, minyak goreng
– Masukkan campuran tape ke campuran terigu, aduk rata
– Masukkan kuning telor, aduk rata, sisihkan

– Kocok putih telor + garam + cream of tartar sampai setengah mengembang
– Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok sampai putih dan naik (soft peak) –jangan mengocok terlalu kaku, nanti kuenya berpori besar.. *lihat nanti fotonya ya, itu karena mengocok putih telor sampai kaku.
– Masukkan putih telor ke adonan tepung sedikit sedikit, sambil diaduk ringan.
– Tuang ke cetakan chiffon (jangan dioles mentega)
– Panggang dalam oven suhu 180 deg C selama 20 menit, turunkan suhu 170 deg C dan teruskan memanggang selama 30 menit sampai permukaan kue berwarna coklat dan kering. Angkat
– Kalau cetakan berkaki, cukup balikkan cetakannya. Kalau tidak berkaki, ambil botol yang berleher seperti botol kecap bango. Masukkan leher botol ke lubang di tengah loyang, balikkan.
– Tunggu sampai kue turun dan keluar sendiri, atau pakai bantuan spatula untuk mengeluarkan. Taburi keju parut
– Potong sesuai selera

Tags: ,

Onbitjkoek

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

 

125g gula palem/gula merah

5 kuning telur

3 putih telur

2 sdm air

campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk

50g kenari, iris tipis  (me: almond iris)

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem  dan air sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang  yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan almond. Panggang terus sampai matang, angkat.



Yang ini juga dari koleksinya mbak vit…rasanya pedesss…segerrr…enak deh..beda dari risoles yg lain…

Bahan :
1 kilo Udang Peci, potong jadi 2 – 3 bagian
3 sdm Arak Putih / Rice Vinegar
1sdt Vetsin
1 sdm Cuka Dixi
1 sdt Garam
2 siung Bawang putih cincang halus

Remas udang dengan semua bahan diatas, diamkan 1/2 jam
Lalu tumis 1/2 matang dengan 100 gr margarine yg sudah benar2 panas

Bumbu Pedes nya:
150 gr Cabe Merah Besar , blender
25 gr Cabe Rawit Merah, blender
150 gr gula pasir
4 sdm Cuka Dixi
50 gr Bawang merah iris
3 siung Bawang Putih iris

Cara membuat:
Tumis dgn margarine sisa goreng udang b.putih dan b.merah iris hingga wangi, tambahkan gula masak hingga gula berkaramel. Masuk cabe nya, aduk terus.
Masukkan udang dan cuka ke dalam nya, aduk rata. Tiriskan.
Siap digunakan sebagai filling risoles bersama bahan pelengkap lain nya.

Pelengkap:
Wortel, Jamur Hioko, Bengkuang, Daun Bawang

Tags: ,

Risoles premium…rasanya juga premium…harga emang ga bisa bohong…uenakkkk….Dapet resepnya dari mbak Vitri Shidarta…nuhun sewu ya mbak…

Bahan :
500 gr Terigu Kunci
50 gr Gula pasir
5 btr Kuning Telur, 1 btr Putih Telur (130 gr)
500 gr Susu cair
1sdt Garam, 1 sdt Merica
600 gr Air
50 gr Blue Band cair

Cara membuat :

  1. Aduk menjadi satu terigu, gula, telur, susu, garam, merica sampai kental. Adonan lalu dikeplok2 dengan tangan  …
  2. Banting-banting selama hampir 10 menit untuk 1 resep, sampai adonan nya halus sendiri, sudah tidak berbintil2 kasar lagi
  3. Baru masuk air dikit2, sambil terus diaduk dengan tangan.
  4. Masuk blue band cair, baru aduk rata dengan whisker.
  5. Setelah itu saring, supaya adonan benar2 halus.
  6. Masak di atas teflon deh sampe matang.

Note :
1 resep bisa jadi 100 lembar untuk pan teflon ukuran 12 cm yah …

Risoles Acar Mustard

Acar Sayuran :
300 gr Timun, buang biji potong kotak kecil
300 gr Paprika Hijau, potong2 kecil
300 gr Paprika Merah, potong2 kecil
300 gr Nanas Segar
4 sdm Garam
200 gr Gula Pasir
40 gr – 50 gr Cuka 

Cara membuat :
Campur bahan2 sayur dan garam, lalu remas-remas hingga berair, diamkan 1 jam, lalu tiriskan, dan cuci bersih.
Masukkan gula pasir dan cuka, lalu diamkan minimal 1 jam, saring hingga kering.
Hasilnya acar yg renyah, garing, asam manis.

Saus Mustard :
5 butir Kuning Telur Rebus (hancurkan sampai halus)
125 gr Mustard (paling enak pake merk Negro Brand dr Bandung)
2 sdm Cuka Apel / Apple Vinegar
75 gr Margarine
100 gr Terigu
600 gr Susu cair
150 gr Gula pasir

Cara membuat :
Panaskan margarine hingga mencair, masukkan kuning telur rebus, masak hingga berbusa supaya tidak amis.
Tambahkan mustard, aduk, lalu masukkan terigu, aduk2 kecilkan api nya.
Masukkan susu cair, gula dan cuka, aduk2 hingga saus mengental, dinginkan.
Setelah dingin, masukkan acar sayur, dan potongan susis dan irisan putih telur rebus

 

Tags: ,
masih dari koleksi resepnya mbak vitri Kalo yang ini rasanya beneran mirip dimsum dech…uenakkk bener…hmmm kayaknya kalo ayamnya diganti ama ceker jadi dimsum beneran  deh… 

Bahan Ayam Merah :
500 gr Dada Ayam tanpa tulang
5 siung Bawang Putih cincang
10 gr Garam, 7 gr Merica, 6 gr Vetsin
50 gr / 4 sdm Rice Vinegar
150 gr Margarine
4 buah Pekak (kembang Lawang)
50 gr / 4 sdm Saus Tiram
2 sdm Hoisin Sauce
1 sdm Minyak Wijen
100 gr Kecap Manis
50 gr Gula Pasir
1 liter Air
Sedikit pewarna merah / 1 sdm Angkak

Cara membuat :

Lumuri ayam dengan bawang putih,garam, merica, vetsin dan cuka, diamkan sebentar.
Panaskan margarin, tumis ayam hingga permukaan nya coklat.
Tambahkan semua sisa bahan, masak hingga air tinggal setengah nya.
Lalu ayam diangkat, tiriskan, potong2 dulu, baru masukkan kembali ke dalam kuah ayam.
Masak lagi hingga berwarna merah merata, kentalkan dengan air sagu secukupnya.
Siap digunakan untuk isian bersama pelengkapnya.

Pelengkapnya :
Jamur Hioko iris-iris
Bengkuang / Rebung iris-iris
Daun Selada Hijau

Tags: ,

my twitt

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Flickr Photos

More Photos

CALENDER

June 2017
M T W T F S S
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930